“Dome” Rumah Tahan Gempa

Beberapa waktu lalu negara Indonesia ini sempat digusarkan dengan adanya berbagai bencana alam. Tak mengherankan bila kebanyakan penduduk kita mengalami suatu goncangan akan perubahan nasib mereka. Bencana yang terjadi dan dengan urutan yang cukup membuat hati kita ini miris.

Banyak sekali kerugian yang disebabkan oleh bencana alam tersebut. Salah satunya adalah bencana alam gempa bumi yang sudah menghancurkan ratusan rumah2 penduduk. Seperti kita ketahui bahwa gempa bumi yang terjadi di Indonesia ini memang dulunya sempat tidak pernah terjadi namun akhir2 ini perubahan siklus bumi mengakibatkan wilayah kita yang terdiri dari kepulauan dan gugusan pegunungan rasanya sudah melewati fase tertentu yang suatu saat bisa mengakibatkan gejala sampai di permukaan bumi.

Lalu bagaimana nasib para penduduk yang telah kehilangan rumahnya?

Kemudian bagaimana dengan gempa susulan yang kemungkinan bisa terjadi setiap saat ?

Jawaban tsb saya dapatkan dari teman kuliah saya, dia berkata bahwa saat ini telah ada bantuan dari luar negeri tentang pembangunan rumah/perumahan yang tahan gempa …. rumah macam apa itu ??

Kemudian teman saya menjelaskan mengenai “rumah dome” yang katanya dibangun dan di desain khusus untuk bisa tahan goncangan gempa. Dibangun dengan alat yang didatangkan dari luar negeri yaitu¬† Airform atau Balon yang fungsinya untuk mencetak bentuk rumah dome dan blower. Materialnya lokalkarena kualitas material di indonesia sama.¬† Sistem pembangunannya sangat berbeda dengan rumah2 yang ada di Indonesia pada umumnya. Saya sangat tertarik dengan cerita teman saya tersebut yang kebetulan ia sendiri adalah karyawan yang ditugasi mengurus proyek ini. Saya diberi gambaran rumah2 yang sudah jadi tsb. Bentuknya unik dan lucu sebab baru kali ini saya melihat bentuk rumah seperti itu.

proses pembangunan rumah dome dan kompleks perumahan dome yang sudah jadi di jogja

resize-of-img_0778

edit21

Sementara ini pembangunan rumah dome ini baru di kawasan jogja itu yang dijelaskan oleh teman saya. Dan bila ada yang berminat untuk membuat rumah dome silahkan menghubungi saya, nanti langsung akan saya kenalkan dengan teman saya.

dsc058991

20 thoughts on ““Dome” Rumah Tahan Gempa

  1. Sip..bagus tetapi saya mau revisi sebenarnya yang didatangkan dari luar negeri bukan lah materialnya tetapi alat2 yang digunakan untuk membangun rumah tersebut seperti Airform atau Balon untuk mencetak bentuk rumah dome dan blower. Materialnya lokalkarena kualitas material di indonesia sama.

  2. rumah dome memang bermanfaat, namun apa kebijakan bantuan rumah dome itu sendiri tidak meninggalkan masalah?
    berdasarkan UU Rekonstruksi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana (Lembaran Negara RI tahun 2007 nomor 66, tambahan lembaran negara Republik Indonesia Nomor 47), Pedoman ini memuat arahan/ketentuan yang menyangkut penyelenggaraan Rehabilitasi pada tahap pasca bencana diseluruh wilayah Republik Indonesia harus meliputi: Perbaikan lingkungan daerah bencana, perbaikan prasarana dan sarana umum, pemberian bantuan perbaikan rumah masyarakat, pemulihan sosial dan psikologis, pelayanan kesehatan, rekonsiliasi dan resolusi konflik, pemulihan sosial ekonomi dan budaya, pemulihan keamanan dan ketertiban, pemulihan fungsi pemerintahan dan pemulihan fungsi pelayanan publik.
    jika meninjau dari isi UU tersebut, kawasan rumah dome masih jauh dari harapan. sebagai manusia yang paham akan nasib warga Nglepan, kita tidak bisa tinggal diam melihat nasib mereka yang tinggal dibawah tirani dome yang masih meninggalkan beragam masalah.-

    hawa : bagi saya ini hanya salah satu solusi dari berbagai solusi yang ada.

  3. Mbak Hawa, jika diijinkan, saya ingin pinjam foto rumah domenya untuk artikel yang akan saya tulis di blog saya, http://tutinonka.wordpress.com/
    Tentu saja akan saya tuliskan bahwa foto ini milik Mbak Hawa.

    Terimakasih sebelumnya.

    hawa : silahkan mbak … ini fotonya dari teman saya yg langsung mengelola pembuatan rumah dome tersebut. semoga bisa bermanfaat artikelnya

  4. Bagus infonya mbak , saya mau tahu biaya utk buat rmh dome dgn jumlah kamar 3 … sy ucapkan terima kasih atas pencerahannya …

    Soehardjo.AR
    Berbah Sleman Yogyakarta

    hawa said : langsung ke alamat ini aja pak http://www.omahbunder.com

  5. awalnya tertarik krna trnyata struktur dome bisa jg dbuat untuk rumah tahan gempa.

    sy pngen tau, knp bisa struktur itu kuat utk gempa, lalu, yg sy lhat bukaan” nya langsung pada permukaan dome. apa itu tdk mengurangi struktur??
    memangnya bahan penutupnya apa? memangnya tidak panas d dlmnya?

    sy pngen bgt ngobrol” dg org yg punya ide rumah dome ini.. :)

    hawa said : wah saya juga perbah berfikir demikian mbak. tapi setelah mendapat konfirmasi dari teman saya (yg mengurusi pembangunan rumah dome di jogja) ternyata bahan2nya disesuaikan dg yg ada disini terus kondisi di dalam ruangan malah sejuk, kayak pake ac malahan. tapi kalo malam juga tidak terasa dingin. nah lebih jelasnya langsung ke sittusnya saja mbak … http://www.omahbunder.com

  6. alternatif yang bagus…
    apalagi disaat sekarang yang sering terkena bencana alam ..
    paling g untuk siaga aja…

    hawa said : semoga saja bisa membantu yg membutuhkan

  7. saya mau tanya dengan fondasi rumah dome ini,apa kuat dalam arti tidak ambles ato turun ditahun2 berikutnya??juga berapa biaya yang dikeluarkan total untuk buat rumah ini??dan apakah ada MCKnya didalam rumah itu???

  8. o iya,satu pertanyaan lagi,berapa meter ukuran minimal diameter rumah dome ini???thanks a lot…

  9. mbak hawa,,saya mahasiswa uny yang lgi kebingungan,,saya lagi nyari bahan untuk buat Tygas Akhir,, setelah melihat artikel tentang rumah dome ini saya jadi tertarik untuk di jadikan bahan TA,,dengan judul konsep rumah tahan gempa,,apakah sekarang masih ada rumah dome yang baru proses pembangunan?? terus kontraktornya dari luar atau Jogja..Trim..balas ya mbak,,:D..atau lewat email jga gpp..

  10. saya tertarik dengan system rumah dome ini.
    mohon bisa dikirim kan foto nya ke email saya, untuk dipakai pembelajaran ? thx salam kenal

    Ginardy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>